Selasa, 27 Februari 2024

Breaking News

  • Pemkab Siak Akuisisi TK Swasta jadi TK Negeri di Pusako   ●   
  • Pekan Ini, Harga Karet di Kuansing Naik   ●   
  • Bupati Zukri Jalani Wawancara dan Presentasi Nominator Patriana Award 2024   ●   
  • Dinas Koperasi, UMKM dan Perindustrian Kota Dumai Sambut Baik Program DMPG   ●   
  • Tunjuk SF Hariyanto sebagai Pj Gubernur, LAM Riau Apresiasi Presiden   ●   
Ria Miranda Angkat Budaya Makassar dan Hadirkan Crop Top untuk Koleksi 2024
Jumat 08 Desember 2023, 14:23 WIB

(TBLOIDRAKYAT)-Desainer Ria Miranda menggelar annual show ke-11 pada Kamis (7/12/2023) di Hotel InterContinental Jakarta Pondok Indah. Lewat lini brandnya RiaMiranda, sang desainer mengeluarkan koleksi bertajuk Selaras.

Selama ini Ria dikenal dengan ciri khas desain yang kental dengan kebudayaan Minang, kota kelahirannya. Kali ini, desainer 38 tahun itu mengangkat budaya Makassar yang indah dan menyimpan beragam keunikan.

Koleksi Selaras terinspirasi dari cerita seorang wanita di daerah Makassar yang sebagian besar suaminya menjadi pelaut. Para wanita di Makassar pandai menenun dengan kepiluannya menanti suaminya melaut. Hingga tercipta lah bentuk cintanya lewat tenunan.

"Selaras itu bukan sesuatu yang turun atau menurun. Tapi justru ingin balance life dan ini bisa diaplikasikan ke tim RiaMiranda. Di titik ini mau mencari apa? Kita harus berguna untuk sekitar. Brand ini tak hanya tentang kita saja, jualan dan jualan. Tapi di tahun 11 Annual Show ini ingin bermakna bagi orang banyak," ungkap Ria Miranda saat konferensi pers RiaMiranda Annual Show 11th, di Hotel Intercontinental Pondok Indah, Jakarta Kamis (7/12/2023).
Koleksi Ria Miranda Annual Show 2023Koleksi Ria Miranda Annual Show. Foto: Mohammad Abduh/detikcom.
Baca juga: RiaMiranda dan IKYK Rilis Koleksi Busana Bisa Dimodifikasi Jadi Berbagai Gaya

Ria Miranda terus konsisten selama perjalanan 13 tahun menjadi trendsetter di industri modest fashion Tanah Air. Acara annual show pun dihadiri oleh para RiaMiranda Local Customer (RMLC), dari berbagai provinsi.

"Mencoba konsisten di Annual Show ini capek iya tapi kalau ingat tujuan kita? Silaturahminya kita itu yang bikin kangen. Sadar juga tim pasti capek banget bahkan tadi malam sampai payet. Semangatnya tim itu yang membuat aku konsisten di modest fashion dan mencoba membangkitkan semangat. Alhamdulillah hadir lagi partner kita dari Sabang sampai Merauke," jelasnya.

Ria Miranda mengaku juga mencoba berkontribusi pada pemberdayaan perempuan. Salah satunya sejak tahun lalu, dia memberdayakan ibu penjahit yang mempunyai anak untuk biaya pendidikannya dari hasil penjualan.

Koleksi Selaras Ria Miranda Jadi Tren Busana 2024

Alumnus sekolah mode ESMOD Jakarta ini menceritakan sengaja datang ke Makassar, karena di sana salah satu pelanggan setia terbesar brand RiaMiranda. Ria pun melakukan riset di Makassar untuk mendapatkan inspirasi koleksi terbarunya.

"Aku datang kesana untuk mendalami. Aku itu kan Minang banget. Kali ini kita mencoba satu daerah yang RiaMiranda yang kuat di Makassar. Aku senang berada di sana, ketika mendalami itu akhirnya ada komposer juga Rani Jambang yang merespon suara alam, pasar dan menjadi musik untuk show penggabungan intens juga kepengen lebih deep di koleksi ini," ujarnya.

Ria menuturkan alasan memilih Makassar bukan hanya karena mempunyai pelanggan setia. Ria mengaku sudah sering mengadakan trunk show dan ada tiga toko fisik RiaMiranda di Makassar.

"Nah, dari situ ada trunk show, opening store dan ngobrol sama customer di Makassar. Aku langsung klik, melihat semangat dan budayanya yang kaya jadi bikin aku angkat Makassar," jelasnya.

Pada annual show yang mengangkat budaya Makassar, Ria Miranda menghadirkan 51 looks termasuk koleksi untuk Lebaran 2024. Ada dua warna yang menjadi highlight dalam koleksinya yaitu future dust dan fondant pink.

"Look yang jadi inspirasi dari Baju Bodo khas Makassar. Kain sarung Makassar yang kotak-kotak jadi highlights. Yang jadi on tren, aku juga mau mengaplikasikan crop top di modest fashion. Style yang kita pakai untuk menjadi referensi. Dipadukan dengan rok A-line atau dengan wide leg pants atau baggy pants. Tren itu mutar terus. Tas-tas juga terinspirasi dari tas asli Makassar yang memang kita lihat dari museum di Makassar. Motifnya kita ambil dari mahkotanya raja dan putri dari Makassar. Karena sebelumnya kan suntiang," terang Ria.

Sumber : Cakaplah.com




Untuk saran dan pemberian informasi kepada tabloidrakyat.com, silakan kontak ke email: tabloidrakyat@yahoo.com


Komentar Anda


Copyright © 2023 Tabloidrakyat.com - All Rights Reserved
Scroll to top