Jumat, 14 Juni 2024

Breaking News

  • MrBeast Kukuhkan Dirinya Sebagai Youtuber dengan Subscriber Terbanyak di Dunia   ●   
  • Butuh 18.084 Tenaga, Pendaftaran Pantarlih Pilkada Serentak di Riau Mulai Dibuka Hari Ini   ●   
  • Ternyata 3.441 Pemilih Pemula di Pekanbaru Belum Rekam e-KTP   ●   
  • Pemkab Siak Terus Bergerak Intervensi Stunting Kampung ke Kampung   ●   
  • PPDB SD dan SMP Segera Dimulai, Ini Pesan DPRD Pekanbaru   ●   
Permasalahan Sampah Jadi Perhatian Serius UPT DLH Bengkalis
Senin 13 Mei 2024, 14:02 WIB

BATHIN SOLAPAN (TABLOIDRAKYAT) - Persoalan sampah menjadi problematika di hampir setiap wilayah. Namun untuk wilayah Kota Duri, permasalahan sampah menjadi perhatian serius UPT Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bengkalis.

Penumpukan sampah yang berpotensi menimbulkan sarang penyakit, apalagi jika sampah tersebut dibiarkan menumpuk cukup lama. Seperti persoalan sampah di Desa Pematang Obo, Kecamatan Bathin Solapan, memang cukup lama dibiarkan menumpuk.

Andi salah seorang warga mengungkapkan, tumpukan sampah yang berserakan ini merupakan sampah rumah tangga. Pelaku pembuang sampah tersebut rata-rata pada pagi sebelum subuh, ataupun tengah malam.

"Kemudian orang-orang ini membuang sampahnya rata-rata bawa sepeda motor, ada juga yang berjalan kaki di lemparkan begitu saja," terangnya.

Ketua RT Rycko Efendi sudah beberapa kali menyampaikan ke desa, namun belum juga ada respon. Pihaknya menyarankan kepada pemerintah desa harus berkalaborasi dengan DLH dan RTH, Kecamatan Bathin Solapan, dan Kecamatan Mandau.

"Kami bersama warga sudah berkomitmen untuk membantu pemerintah menjaga kebersihan lingkungan. Kemudian kepada Pemerintah Kecamatan Bathin Solapan dapat menindaklanjuti dan menghadirkan solusi jitu dalam menangani persoalan sampah ini," harapnya.

Ia berharap, UPT Dinas Lingkungan Hidup Kecamatan, maupun Satpol-PP dapat menindaklanjutinya sehingga memberikan efek jera, dan orang-orang akan berpikir berulang kali untuk membuang sampahnya sembarangan tempat.

Sementara itu, Kepala UPT DLH dan RTH Kecamatan Mandau Harzulkifli menyebutkan, di mana ada sampah, pihaknya juga selalu ada untuk membersihkan tumpukan sama, yang membuat masyarakat resah.

"Kami berterima kasih kepada warga RT01 RW 05 Desa Pematang Obo sudah ikut peduli dengan lingkungan, dengan membersihkan tumpukan sampah ini, hingga bersih. Mudah-mudahan dengan kolaborasi ini silaturahmi kita tetap terjaga, terutama dengan limbah rumah tangga yang sudah menjadi masalah turun temurun," ujarnya, Sabtu (10/5).

Dikatakan Izul, pihaknya bersama Camat Bathin Solapan, Kadus, ketua RT ikut berjibaku membuang tumpukan sampah yang berada di samping toko Indomaret Kulim, Km 04.

"Ya, ini sudah menjadi tugas kami siap berkolaborasi dengan pihak manapun terkait masalah sampah ini. Kepada masyarakat perlu saya sampaikan harus ikuti aturan yang telah dibuat, buanglah sampah pada tempatnya, jika tidak ingin disanksi Perda Nomor 2 Tahun 2015." ujarnya.

Sementara itu, Camat Bathon Solapan M Rusydy juga mengungkapkan, sudah menjadi keprihatian bersama, saat melintas di kawasan tampak sampah berserakan, apalagi akibat ulah dari oknum yang sengaja membuang sampah tidak pada tempatnya.(ksm)


Sumber: Riaupos.com




Untuk saran dan pemberian informasi kepada tabloidrakyat.com, silakan kontak ke email: tabloidrakyat@yahoo.com


Komentar Anda


Copyright © 2023 Tabloidrakyat.com - All Rights Reserved
Scroll to top