Jumat, 14 Juni 2024

Breaking News

  • Indonesia Tuan Rumah di Grup F Kualifikasi Piala Asia U-20 2025   ●   
  • PKB Resmi Usungkan Anies Baswedan Balon Gubernur DKI Jakarta   ●   
  • MrBeast Kukuhkan Dirinya Sebagai Youtuber dengan Subscriber Terbanyak di Dunia   ●   
  • Butuh 18.084 Tenaga, Pendaftaran Pantarlih Pilkada Serentak di Riau Mulai Dibuka Hari Ini   ●   
  • Ternyata 3.441 Pemilih Pemula di Pekanbaru Belum Rekam e-KTP   ●   
LAMR akan Anugerahkan Gelar Adat KSAL Laksamana Muhammad Ali
Sabtu 01 Juni 2024, 19:35 WIB

tabloidrakyat.com PEKANBARU - Dalam rangka peringatan Hari Lahir (Harlah) ke-54, Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) akan menggelar hajat besar selama 4 hari, mulai dari tanggal 3-6 Juni 2024.

Acara yang terpusat di Balai Adat LAMR, Jalan Diponegoro Pekanbaru itu mengangkat tema 'Berkhidmat untuk Adat'.

Ketua Dewan Pimpinan Harian (DPH) LAMR, Datuk Seri Taufik Ikram Jamil menyebutkan, akan ada banyak rangkaian acara. Salah satunya penganugerahan gelar adat kepada Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL), Laksamana Muhammad Ali.

"Rencana pemberian gelar kepada KSAL laksamana muhammad ali sudah melalui alur patut. Kajian yang dilakukan tim penapis sebagai pertimbangan pemberian gelar diantaranya atas jasa dan kedekatannya kepada masyarakat dumai, lebih khusus lagi orang melayu yang ada di kota minyak tersebut," kata Datuk Seri Taufik Iram Jamil, Sabtu (1/6/2024).

Adapun gelar adat akan diberikan ialah Datuk Seri Segara Utama Setia Wangsa. Dimana bermakna seorang pemimpin yang penuh dengan kilau cahaya kebaikan dan kemuliaan, memiliki kekuatan bagai air, menjunam dalam dapat menenggelam, sekaligus memiliki gelombang kekuatan yang besar, serta mampu pula menggunakan kedalaman dan kekuatannya untuk menjalankan kewajiban dan menjunjung kesetiaan kepada bangsa dan negara.

KSAL Muhammad Ali sebelumnya pernah menjabat sebagai Danlanal Kota Dumai dan Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) berpusat di Tanjung Pinang.

Selain itu, istrinya yang bernama Ny Fera Muhammad Ali merupakan kelahiran Terempa Kepulauan Riau.

"Alhamdulillah, 27 mei lalu kita sudah merisik (meminang) untuk diberikan gelar adat. Beliau menyambut kita dari LAMR dengan penuh kekeluargaan di jakarta," ujar Datuk Taufik Ikram Jamil.

Untuk diketahui, adapun rangkaian acara pada Harlah LAMR diantaranya, salat Isya berjamaah dan makan bersama pada Senin, 3 Juni 2024.

Kemudian penyembelihan hewan kurban (seekor kerbau), pengibaran Panji Adat, seserahan budaya, orasi budaya, persembahan silat, zapin, syair dan randai Kuantan pada Selasa, 4 Juni 2024.

Setelahnya pada Rabu, 5 Juni 2024 akan digelar penganugerahan gelar adat KSAL Dr H Muhammad Ali SE MM Mtr Opsla sebagai Datuk Seri Segara Utama Setia Wangsa.

Pada hari terakhir, Kamis, 6 Juni 2024 akan dilaksanakan ziarah makam Tokoh LAM Riau.

sumber : cakaplah




Untuk saran dan pemberian informasi kepada tabloidrakyat.com, silakan kontak ke email: tabloidrakyat@yahoo.com


Komentar Anda


Copyright © 2023 Tabloidrakyat.com - All Rights Reserved
Scroll to top