Jumat, 14 Juni 2024

Breaking News

  • Indonesia Tuan Rumah di Grup F Kualifikasi Piala Asia U-20 2025   ●   
  • PKB Resmi Usungkan Anies Baswedan Balon Gubernur DKI Jakarta   ●   
  • MrBeast Kukuhkan Dirinya Sebagai Youtuber dengan Subscriber Terbanyak di Dunia   ●   
  • Butuh 18.084 Tenaga, Pendaftaran Pantarlih Pilkada Serentak di Riau Mulai Dibuka Hari Ini   ●   
  • Ternyata 3.441 Pemilih Pemula di Pekanbaru Belum Rekam e-KTP   ●   
Dua Mahasiswa Riau Berhasil Selesaikan Pendidikan Sarjana di Universitas Al-Ahgaff Tarim
Rabu 05 Juni 2024, 18:06 WIB

PEKANBARU (TABLOIDRAKYAT) - Dua mahasiswa asal Riau, Nazir Luthfi Zulkifli dan Shalihin, berhasil menyelesaikan Pendidikan Sarjana di Universitas Al-Ahgaff di Tarim, sebuah kota yang berada di kawasan lembah yang cukup terkenal di Nusantara, yaitu Hadramaut, Yaman.

Prosesi wisudah ini dilaksanakan pada Kamis (30/5/2024) lalu waktu setempatm keduanya resmi bergelar Lc, gelar strata 1 sejumlah perguruan tinggi di Timur Tengah.

Pada prosesi wisuda ke-25 Universitas Al-Ahgaff itu, turut diwisuda 130 mahasiswa yang berasal dari berbagai negara. Diantaranya Indonesia, Malaysia, Thailand dan tentunya mahasiswa asal Yaman sendiri dan negara tetangganya Arab Saudi.

Dua pemuda asal Riau itu, Nazir Luthfi Zulkifli yang berasal dari Kota Tengah, Kecamatan Kepenuhan, Kabupaten Rokan Hulu yang merupakan Alumni Pondok Pesantren Al-Uswah Pekanbaru. Kemudian Shalihin yang berasal dari Desa Batang Sari, Kecamatan Mandah, Kabupaten Indragiri Hilir yang merupakan alumni Ponpes Ashabul Yamin, Kota Bukittinggi.

Mereka diwisuda langsung oleh Rektor Universitas Al-Ahgaff Prof Dr Abdullah bin Muhammad Baharun. Turut hadir dalam prosesi wisuda, Ketua Majelis Umana Universitas Al-Ahgaff Alhabib Alwi bin Abdurrahman Al-Attas dan dekan Fakultas Syariat dan Hukum Dr Abdullah Awadh bin Smith.

Satu dari dua wisudawan asal Riau ini, Shalihin berpesan agar para mahasiswa dan anak muda di Riau untuk terus semangat menuntut ilmu. Walapun harus bertahan di negeri tandus dan jauh dari kampung halaman.

''Ambillah ilmu dari guru-guru kita tanpa melihat status mereka, juga jangan pernah lelah dan teruslah berusaha istiqomah dalam mencari ilmu,'' ungkapnya.

Terpisah, Ahmad Hikam, salah seorang mahasiswa asal Riau lainnya yang masih berkuliah di Yaman mengatakan, saat ini ada 20 mahasiswa Riau disana. Menurut Ahmad, Hadramaut di Yaman kini mulai menjadi destinasi perguruan tinggi yang mulai populer bagi mahasiswa Indonesia.

Salah satu daya tariknya, kata Ahmad, adalah keilmuan dan nilai historisnya. Ahmad secara pribadi juga tertarik kuliah Islam di Yaman karena keilmuannya.

''Kuliah disini karema ngin bisa mendapatkan pengetahuan ajaran Islam yang bisa dipertanggung jawabkan keilmuannya yang mana semuanya bersambung sampai Nabi Muhammad,'' kata Ahmad lewat sambungan telpon, Selasa (4/6/2024) malam.

Ahmad mengaku terinspirasi dari para alumni yang berdakwah di Indonesia. Seperti Buya Yahya dari Cirebon, KH Reza Ahmad Zahid yang kini menjabat Rektor Universitas Tribakti Kediri.

Sumber: Riaupos.com




Untuk saran dan pemberian informasi kepada tabloidrakyat.com, silakan kontak ke email: tabloidrakyat@yahoo.com


Komentar Anda


Copyright © 2023 Tabloidrakyat.com - All Rights Reserved
Scroll to top