Jumat, 14 Juni 2024

Breaking News

  • Indonesia Tuan Rumah di Grup F Kualifikasi Piala Asia U-20 2025   ●   
  • PKB Resmi Usungkan Anies Baswedan Balon Gubernur DKI Jakarta   ●   
  • MrBeast Kukuhkan Dirinya Sebagai Youtuber dengan Subscriber Terbanyak di Dunia   ●   
  • Butuh 18.084 Tenaga, Pendaftaran Pantarlih Pilkada Serentak di Riau Mulai Dibuka Hari Ini   ●   
  • Ternyata 3.441 Pemilih Pemula di Pekanbaru Belum Rekam e-KTP   ●   
Berapa Banyak Tubuh Memerlukan Air Putih tiap Harinya? Simak Penjelasan dari Dokter
Kamis 06 Juni 2024, 15:45 WIB

JAKARTA (TABLOIDRAKYAT) - Air putih adalah bagian terpenting dalam kehidupan manusia, dikarenakan tubuh manusia terdiri dari 70 persen komponen air. Dikutip dari laman Kemenkes RS Kariadi, tubuh yang kekurangan air bisa membuat gangguan pada tubuh hingga kematian.

Air juga menjadi alat transportasi untuk mineral, zat gizi, vitamin, dan protein ke seluruh tubuh. Air merupakan pelumas jaringan sekaligus bantalan sendi-sendi.

Namun, kelebihan air minum juga tidak baik bagi tubuh. Dalam video Podcast X-UNDERCOVER Episode 94 yang tayang di YouTube, dr. Djaja seorang ahli forensik mengatakan dua penyakit yang tidak boleh minum air secara berlebih adalah, orang sakit jantung dan orang yang sakit ginjal. Juga untuk beberapa orang yang memiliki peradangan pada paru-paru.

Pada gangguan jantung dan ginjal jika minum air dalam jumlah besar dapat mengakibatkan gejala semakin parah. Jumlah takaran air yang berlebih untuk pasien tersebut, dikarenakan akan menambah beban jantung dalam memompa darah tidak maksimal.

Kelebihan air ini dalam dunia medis disebut dengan overhidrasi, dimana cairan dalam tubuh berlebih yang justru berdampak buruk. Dampak buruk yang terjadi dapat berisiko keracunan dan terganggunya fungsi otak. Hal lain juga mampu memperlambat fungsi ginjal.

Akibat dari gejala seseorang yang overhidrasi adalah, sakit kepala, penyakit hati, gagal ginjal, perut begah, dan mual. Gejala lain yaitu hiponatremia yang bisa menyebabkan kepala pusing, ngantuk, perasaan mual dan lemas pada kasus orang yang minum berlebih.

Lalu berapa takaran normal yang harus diminum? Takaran minum yang dilansir pada laman Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, bahwa setiap berat badan memiliki perbedaan dalam anjuran konsumsi. Adapun takaran yang dianjurkan dalam satu hari adalah:

Berat badan 45 Kg sebanyak 1,9 Liter
Berat badan 50 Kg sebanyak 2,1 Liter
Berat badan 55 Kg sebanyak 2,3 Liter
Berat badan 60 Kg sebanyak 2,5 Liter
Berat badan 70 Kg sebanyak 2,9 Liter
Berat badan 75 Kg sebanyak 3,2 Liter
Berat badan 80 Kg sebanyak 3,5 Liter
Berat badan 85 Kg sebanyak 3,7 Liter
Berat badan 90 Kg sebanyak 3,9 Liter
Berat badan 95 Kg sebanyak 4,1 Liter
Berat badan 100 Kg sebanyak 4,3 Liter

Perbedaan takaran minum ini dikarenakan setiap berat badan manusia memiliki sistem metabolisme yang berbeda. Maka, kebutuhan cairan dalam tubuhnya juga tak akan sama.

Namun, bisa juga kebutuhan takaran air dilihat dari aktivitas yang kita lakukan, untuk mencapai cairan tubuh harian dan tidak mengalami dehidrasi.


Sumber: Riaupos.com




Untuk saran dan pemberian informasi kepada tabloidrakyat.com, silakan kontak ke email: tabloidrakyat@yahoo.com


Komentar Anda


Copyright © 2023 Tabloidrakyat.com - All Rights Reserved
Scroll to top