Jumat, 14 Juni 2024

Breaking News

  • MrBeast Kukuhkan Dirinya Sebagai Youtuber dengan Subscriber Terbanyak di Dunia   ●   
  • Butuh 18.084 Tenaga, Pendaftaran Pantarlih Pilkada Serentak di Riau Mulai Dibuka Hari Ini   ●   
  • Ternyata 3.441 Pemilih Pemula di Pekanbaru Belum Rekam e-KTP   ●   
  • Pemkab Siak Terus Bergerak Intervensi Stunting Kampung ke Kampung   ●   
  • PPDB SD dan SMP Segera Dimulai, Ini Pesan DPRD Pekanbaru   ●   
Jemaah Haji Indonesia Bisa ke Masjid Jin hingga Makam Istri Rasulullah saat di Makkah
Jumat 07 Juni 2024, 14:18 WIB

JAKARTA (TABLOIDRAKYAT) - Gelombang jemaah haji Indonesia terus berdatangan memasuki kota suci Makkah baik dari sejumlah embarkasi di Indonesia maupun dari Madinah usai melaksanakan Arbain (salat wajib berjamaah 40 waktu di Masjid Nabawi).

Kota Makkah mendekati puncak haji semakin padat dengan jamaah dari seluruh dunia, tak terkecuali dari Tanah Air.

Untuk Indonesia yang memberangkatkan sekitar 240.000 jamaah. Salah satunya, di wilayah Syisya yang meliputi sejumlah hotel.

Salah satu hotel yang ditempati jemaah haji Indonesia adalah Emmar At Taqwa Hotel yang mampu menampung tujuh kloter dengan total sekitar 2.000 jemaah haji.

Jemaah haji yang telah memasuki kota Makkah, setelah beristirahat dengan dipandu petugas haji disegerakan melaksakan ibadah umrah wajib usai beberapa jam beristirahat.

Selain melaksanakan ibadah umrah, sejumlah tempat di sekitar Masjidilharam menjadi pilihan favorit jemaah haji Indonesia untuk dikunjungi, di antaranya:

1. Masjid Jin

Masjid Jin yang hanya berjarak sekitar satu kilometer dari Masjidilharam. Dikenal dengan nama-nama lain, seperti Masjid Bai'ah dan Masjid al-Hars. Dinamakan Masjid Bai'ah karena di tempat tersebut Rasulullah mengislamkan rombongan jin.

Ahmad Nawawi, mutawib yang sering memandu jemaah haji dan umrah asal Tenggarong, Kutai Kartanegara mengungkapkan Masjid dibangun sekitar 9 H.

Menurut riwayat, Nabi Muhamad SAW mengislamkan rombongan Jin dari 10 maktab yang melintas saat Rasulullah sedang membaca ayat suci Al Qur'an.

Para Jin itu mendengarkan suara Nabi Muhammad SAW yang sedang melantunkan ayat suci Al Qur'an. Para jin itu mendapat hidayah dan dibaiat atau disumpah masuk Islam. Jin yang sudah masuk Islam lalu menyebarkan agama Islam kepada maktabnya ( golongannya).
2. Masjid Syajaroh (Masjid Pohon)
Diberi nama Masjid Syajaroh karena berdasarkan riwayat karena ada berhubungan dengan mukjizat Rosulullah SAW. Dalam sebuah riwayat, suatu ketika Nabi Muhammad SAW sedang berada di suatu tempat yang sekarang disebut

Rusulullah SAW didatangi serombongan kaum jin. Para makhluk halus itu minta bukti kenabian Rosulullah SAW untuk menguatkan keyakinannya setelah rombongan Jin masuk Islam.

Maka, Nabi SAW memanggil sebatang pohon yang tumbuh tak jauh dari tempat Rasulullah SAW berada. Lalu pohon itu tercerabut dari bumi memenuhi panggilan Nabi SAW hingga berada di hadapan beliau. Dan kemudian Rasulullah SAW menyuruh pohon itu kembali. Lalu pohon itu pun kembali ketempat asalnya.

Di tempat berdirinya pohon tersebut dibangun sebuah masjid yang dinamakan Masjid Syajaroh (pohon) yang hingga kini menjadi situs salah satu mukjizat Rasululloh.

3. Pemakaman Ma'la
Pemakaman Ma'la termasuk yang cukup dekat dengan Masjidil Haram. Di pemakanan ini dimakamkan sejumlah shuhada, termasuk istri Rasulullah SAW, Siti Khadijah.

K.H. Maimun Zubair termasuk yang dimakamkan dimakam ini saat beliau wafat di Tanah Suci, Selasa, 6 Agustus 2019 pagi. Beliau tutup usia pada dalam umur 90 tahun.

Sumber: Riuapos.com




Untuk saran dan pemberian informasi kepada tabloidrakyat.com, silakan kontak ke email: tabloidrakyat@yahoo.com


Komentar Anda


Copyright © 2023 Tabloidrakyat.com - All Rights Reserved
Scroll to top