Jumat, 14 Juni 2024

Breaking News

  • Indonesia Tuan Rumah di Grup F Kualifikasi Piala Asia U-20 2025   ●   
  • PKB Resmi Usungkan Anies Baswedan Balon Gubernur DKI Jakarta   ●   
  • MrBeast Kukuhkan Dirinya Sebagai Youtuber dengan Subscriber Terbanyak di Dunia   ●   
  • Butuh 18.084 Tenaga, Pendaftaran Pantarlih Pilkada Serentak di Riau Mulai Dibuka Hari Ini   ●   
  • Ternyata 3.441 Pemilih Pemula di Pekanbaru Belum Rekam e-KTP   ●   
Operasi Pencarian Korban Galodo di Tanah Datar Ditutup, 10 Orang Belum Ditemukan
Sabtu 08 Juni 2024, 18:39 WIB

tabloidrakyat.com PADANG - Bertepatan dengan berakhirnya masa tanggap darurat bencana, operasi SAR pencarian korban galodo (banjir bandang) Gunung Marapi dan longsor di Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat (Sumbar) ditutup hari ini, Sabtu (8/6/2024).

Dikutip dari Inews.id, Kepala Kantor SAR Padang Abdul Malik mengatakan, penutupan operasi pencarian korban merupakan hasil kesepakatan keluarga dengan bupati, tim SAR gabungan dan perangkat nagari.

“Hasil kesepakatan keluarga dengan bupati, tim SAR gabungan dan perangkat nagari, dengan tidak ditemukannya tanda-tanda keberadaan korban, operasi SAR sudah tidak efektif lagi maka ditutup,” ujarnya, Sabtu (8/6/2024).

Pencarian itu ditutup pada pukul 09.00 WIB dengan upacara dipimpin langsung Bupati Tanah Datar Eka Putra.

“Pada pukul  09.00 WIB dilakukan rapat semua unsur-unsur yang terlibat. hasilnya semua unsur dikembalikan ke kesatuan masing-masing,” kata Abdul.Abdul menuturkan, berdasarkan SK Bupati Tanah Datar No: 100.3.3.2/189/BPBD-2024 tentang status tanggap darurat bencana banjir lahar dingin, banjir bandang dan longsor di Kabupaten Tanah Datar 11 Mei sampai 8 Juni 2024.

Menurut data dari Basarnas Padang, korban bencana alam total semuanya 63 orang. Dari jumlah tersebut 60 orang sudah diserahkan kepada keluarga untuk dimakamkan dan 3 orang belum teridentifikasi sebab potongan bagian tubuh dan sudah diserahkan ke Dinas Sosial untuk dimakamkan.

Dari jumlah 63 tersebut, korban terbanyak di Kabupaten Tanah Datar sebanyak 32 orang, yang tidak ditemukan 10 orang. Kemudian Kabupaten Agam dengan jumlah korban 24 orang, semua ditemukan. Kota Padang Panjang meninggal 2 orang dan Kota Padang 2 orang.

sumber : goriau




Untuk saran dan pemberian informasi kepada tabloidrakyat.com, silakan kontak ke email: tabloidrakyat@yahoo.com


Komentar Anda


Copyright © 2023 Tabloidrakyat.com - All Rights Reserved
Scroll to top