Jumat, 14 Juni 2024

Breaking News

  • Indonesia Tuan Rumah di Grup F Kualifikasi Piala Asia U-20 2025   ●   
  • PKB Resmi Usungkan Anies Baswedan Balon Gubernur DKI Jakarta   ●   
  • MrBeast Kukuhkan Dirinya Sebagai Youtuber dengan Subscriber Terbanyak di Dunia   ●   
  • Butuh 18.084 Tenaga, Pendaftaran Pantarlih Pilkada Serentak di Riau Mulai Dibuka Hari Ini   ●   
  • Ternyata 3.441 Pemilih Pemula di Pekanbaru Belum Rekam e-KTP   ●   
Web Pendaftaran PPDB SD dan SMP Diumumkan
Selasa 11 Juni 2024, 09:48 WIB

PEKANBARU (TABLOIDRAKYAT) - DINAS Pendidikan (Disdik) Kota Pekanbaru akan membuka penerimaan peserta didik baru (PPDB) untuk tingkat SD dan SMP negeri pada Juni dan Juli tahun ini.

‘’Digelar dengan sistem online untuk link pendaftaran PPDB SD dan SMP negeri Pekanbaru dapat melalui website https://ppdbpekanbaru.id/,’’ ujar Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Pekanbaru, Abdul Jamal, Senin (10/6).

Sesuai jadwal, pelaksanaan PPDB tingkat SMP negeri di Kota Pekanbaru akan dibuka pada 26-30 Juni dan hasil seleksi diumumkan pada 2 Juli. Sementara untuk PPDB tingkat SD negeri akan dibuka pada 1-4 Juli dan hasil seleksi diumumkan pada 6 Juli.

Kemudian untuk daftar ulang jenjang SMP akan dilaksanakan pada 2-4 Juli, sementara untuk SD dilaksanakan 7-9 Juli. Abdul Jamal mengatakan, pelaksanaan PPDB tahun ini dilaksanakan secara online. Termasuk untuk PPDB SD negeri yang tahun ini uji cobanya.

‘’Jadi ada perubahan untuk PPDB tahun ini, jika sebelumnya hanya SMP negeri, maka tahun ini SD negeri juga melaksanakan PPDB dengan sistem online,’’ sambungnya.

Meski mulai diterapkan secara online, masyarakat juga boleh datang ke sekolah untuk mendapatkan informasi tentang pelaksanaan PPDB tersebut.

‘’Uji coba tahun ini untuk PPDB online tingkat SD negeri, artinya orang tua yang belum mengetahui cara mendaftar dengan sistem online bisa datang ke sekolah, minta petunjuk ke petugas operatornya,’’ katanya.

Menurutnya, dengan menerapkan PPDB secara online, masyarakat bisa ikut memantau PPDB tersebut melalui website resmi yang disediakan Disdik tersebut. Nantinya hasil pendaftaran diumumkan secara online.

Di sisi lain, penerapan PPDB dengan sistem online juga dapat mengantisipasi terjadinya praktik suap ataupun gratifikasi. Masyarakat juga terhindar dari iming-iming calo yang menjanjikan bisa memasukan anaknya di sekolah negeri.

‘’Masyarakat dan semua orang bisa turut mengawasi pelaksanaan PPDB yang dilaksanakan secara online,’’ tutupnya.(hen)

Sumber: Riaupos.com




Untuk saran dan pemberian informasi kepada tabloidrakyat.com, silakan kontak ke email: tabloidrakyat@yahoo.com


Komentar Anda


Copyright © 2023 Tabloidrakyat.com - All Rights Reserved
Scroll to top