Sabtu, 13 Juli 2024

Breaking News

  • Penyebab Sulitnya Ucapkan Kalimat Tauhid saat Sakaratul Maut   ●   
  • Pemko Pekanbaru Pecat Sepihak THL, Gaji Juga Tak Dibayarkan   ●   
  • BPJN Riau Bakal Datangkan Jembatan Bailey Atasi Jalan Rusak Pasca Abrasi di Inhil   ●   
  • Serahkan SK PPPK di Lingkungan Pemprov RIau, PJ Gubri Siapkan Beasiswa bagi Guru   ●   
  • Peringatan Hari Bhakti Adhyaksa di Kejati Riau Tahun Ini Terasa Lebih Spesial   ●   
Waspada! Seekor Beruang Madu Dewasa Berkeliaran di Kawasan Hutan Kota Pasirpangaraian
Sabtu 15 Juni 2024, 09:08 WIB

PASIRPENGARAIAN (TABLOIDRAKYAT) - Seekor beruang madu dewasa berwarna hitam tiba-tiba muncul melintas di sekitaran Kompleks Perkantoran Bina Praja Pemda Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) Km 4 Pasirpengaraian, Jumat (14/6/2024) petang sekitar pukul 15.00 WIB.

Ssatwa liar yang dilindungi itu, terlihat jelas oleh sejumlah warga yang sedang melakukan aktivitas olahraga lari di Kompleks Perkantoran Bina Praja Pemda Rohul.Munculnya hewan omnivora itu sempat membuat warga panik dan ketakutan, ketika melihat beruang madu yang berukuran besar, warna hitam melintas dari belakang Kantor UPT Laboratorium Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Rohul yang berada di Kompleks Perkantoran Bina Praja Pemda melintas ke arah Hutan Kota Pasirpengaraian.

Kebetulan jarak Kantor UPT Laboratorium DLH Rohul sekitar 20 meter atau berhadapan langsung dengan hutan kota Pasirpengaraian yang telah berpagar besi seluas 6,97 hektare, tepatnya di belakangan Kantor Bupati Rohul.

Tak hanya warga yang sedang beraktivitas olahraga, para pegawai yang akan pulang dari kantor ke rumah pada pukul 16.00 WIB sempat dihantui rasa takut dengan mengetahui informasi keberadaan beruang madu masuk ke dalam kawasan hutan kota.

Bahkan sejumlah warga dengan berani merekam keberadaan beruang madu yang masuk ke dalam kawasan hutan Pasirpengaraian. Termasuk personel BPBD Rohul langsung menuju lokasi hutan kota untuk memastikan keberadaan beruang madu warna hitam. Kebetulan hutan Kota Pasirpengaraian lokasinya berseberangan dengan Kantor BPBD Rohul dan bersebelahan dengan Kantor UPT Laboratorium Lingkungan DLH Rohul.

Terpantau sekitar pukul 16.40 WIB, sejumlah pegawai UPT Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Rohul bersama Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Rohul Boy Arta SIP turun ke lapangan memastikan, warga yang berada di sekitar Hutan Kota Pasirpengaraian untuk keluar, karena adanya beruang madu berwarna hitam memasuki kawasan hutan kota di belakang kantor bupati Rohul.

Kalaksa BPBD Rohul H Ridarmanto SIP melalui Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Rohul Boy Arta SIP saat dikonfirmasi Riaupos.co, Jumat (14/6/2024) petang membenarkan seekor beruang madu berwarna hitam dengan tubuh besar melintasi dari Kantor UPT Laboratorium DLH Rohul menuju hutan kota Pasirpengaraian.

'’Informasi dari warga yang sedang beraktifitas olahraga jumat sore tadi, melihat beruang madu itu sedang memakan buah cempedak yang berada di belakang Kantor UPT Laboratorium Lingkungan. Ketika dibunyikan klakson motor, beruang itu lari menuju arah hutan Kota Pasirpengaraian persisnya di belakang kantor Bupati Rohul,’’ ujarnya.

Diakuinya, saat beruang madu hutan itu masuk ke hutan kota Pasirpengaraian, dirinya bersama anggota Polhut dengan gerak cepat meminta pengunjung hutan kota yang ada saat itu, diminta keluar untuk mengantisipasi tidak terjadinya sesuatu yang tidak diinginkan.

'’Kami turun memantau, kebetulan keberadan hutan kota Pasirpengaraian berseberangan dengan Kantor BPBD Rohul. Keberadaan beruang madu sudah direkam videoncam, hingga pukul 18.00 WIB masih berada di dalam kawasan hutan kota Pasirpengaraian,’’ ujarnya.

Boy mengatakan, BPBD telah berkoordinasi dengan Kasatpol PP Rohul terkait penutupan sementara kawasan hutan kota Pasirpengaraian, sehubungan dengan keberadaan beruang madu. Disamping melakukan koordinasi dan menyurati Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Provinsi Riau untuk turun ke Rohul melakukan penangkapan terhadap satwa liar yang dilindungi itu.

Sumber: Riaupos.com




Untuk saran dan pemberian informasi kepada tabloidrakyat.com, silakan kontak ke email: tabloidrakyat@yahoo.com


Komentar Anda


Copyright © 2023 Tabloidrakyat.com - All Rights Reserved
Scroll to top