Sabtu, 13 Juli 2024

Breaking News

  • Penyebab Sulitnya Ucapkan Kalimat Tauhid saat Sakaratul Maut   ●   
  • Pemko Pekanbaru Pecat Sepihak THL, Gaji Juga Tak Dibayarkan   ●   
  • BPJN Riau Bakal Datangkan Jembatan Bailey Atasi Jalan Rusak Pasca Abrasi di Inhil   ●   
  • Serahkan SK PPPK di Lingkungan Pemprov RIau, PJ Gubri Siapkan Beasiswa bagi Guru   ●   
  • Peringatan Hari Bhakti Adhyaksa di Kejati Riau Tahun Ini Terasa Lebih Spesial   ●   
Berantas Pungli dan Gratifikasi melalui Sosialisasi
Sabtu 15 Juni 2024, 14:34 WIB

SIAK (Tabloidrakyat) - Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Satgas Saber Pungli) dan Gratifikasi Kabupaten Siak terus melakukan sosialisasi guna memberi pemahaman tidak hanya kepada pemegang kepentingan, tapi juga  kepada lapisan masyarakat dan ASN sebagai penyelenggara negara.

Sekretaris Daerah Kabupaten Siak Arfan Usman mengatakan, upaya pencegahan terjadinya pungli harus lebih diintensifkan, tidak hanya sosialisasi, tetapi juga memerlukan tindakan yang represif.

“Pungli mengakibatkan ekonomi gaya tinggi, menghambat pembangunan, merugikan masyarakat, dan menurunnya kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah, sehingga pemberantasannya harus tegas dan mampu memberikan efek jera,” sebut Sekda.

Sekda  juga berharap, melalui sosialisasi ini, seluruh unsur pemerintah ataupun sekolah dapat melaksanakan tugas dan fungsi dengan rasa tanggung jawab, sehingga dapat menutup rapat peluang terjadinya pungli.

“Semua unit pelayanan publik berada pada koridor aturan yang jelas, tegas dan tersistem dengan baik. Sehingga dapat meningkatkan efektivitas kinerja dan terwujudnya Kabupaten Siak yang bebas dari pungli dan gratifikasi,” jelas sekda.

Inspektur Daerah Kabupaten Siak Faly Wurendaresto mengatakan, Satgas Saber Pungli dan Gratifikasi merupakan program Unit Pemberantasan Pungutan Liar (UPP) Kabupaten Siak.

“Hari ini kami melaksanakan sosialisasi bagi kalangan pendidik, masyarakat dan ASN yang berada di dua kecamatan, Siak dan Mempura,” kata Faly di Kantor Bupati Siak, Kelurahan Mempura, Kamis (13/6).

Dia menjelaskan, kegiatan ini dilaksanakan sebagai tindak lanjut Pemerintah Kabupaten Siak dalam menanggapi imbauan Balai Penjaminan Mutu Pendidikan Provinsi Riau untuk melakukan sosialisasi tentang pungli dan penandatanganan komitmen di lingkungan kecamatan ataupun kabupaten yang ada di Provinsi Riau.

“Memasuki tahun ajaran baru, kami tidak ingin terjadi pungutan liar di sekolah, atau lingkungan pendidikan,” katanya.

Sosialiasi ini diharapkan dapat memberikan pemahaman kepada para pemangku kepentingan, lapisan masyarakat dan ASN sebagai penyelenggara bahaya pungutan liar. “Kegiatan ini kami harapkan menumbuhkan  komitmen bersama cegah pungli dan gratifikasi di Kabupaten Siak,” jelasnya.(gem)

 

Sumber: Riaupos. Com




Untuk saran dan pemberian informasi kepada tabloidrakyat.com, silakan kontak ke email: tabloidrakyat@yahoo.com


Komentar Anda


Copyright © 2023 Tabloidrakyat.com - All Rights Reserved
Scroll to top