Sabtu, 13 Juli 2024

Breaking News

  • Penyebab Sulitnya Ucapkan Kalimat Tauhid saat Sakaratul Maut   ●   
  • Pemko Pekanbaru Pecat Sepihak THL, Gaji Juga Tak Dibayarkan   ●   
  • BPJN Riau Bakal Datangkan Jembatan Bailey Atasi Jalan Rusak Pasca Abrasi di Inhil   ●   
  • Serahkan SK PPPK di Lingkungan Pemprov RIau, PJ Gubri Siapkan Beasiswa bagi Guru   ●   
  • Peringatan Hari Bhakti Adhyaksa di Kejati Riau Tahun Ini Terasa Lebih Spesial   ●   
KPU Inhu Tuntas Gelar PSU, Tinggal Penetapan Kursi DPRD Inhu
Kamis 04 Juli 2024, 10:51 WIB

RENGAT (Tabloidrakyat) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) tuntas menggelar pemungutan suara ulang (PSU) di TPS 4 Desa Perkebunan Sungai Lala Kecamatan Sungai Lala. Hal itu dibuktikan dengan pelaksanaan rapat pleno terbuka rekapitulasi penghitungan perolehan suara ulang tingkat kabupaten oleh KPU Inhu, Rabu (3/7).

Bahkan, dari pelaksanaan rapat pleno tersebut, peralihan Caleg DPRD kabupaten terpilih semakin terang benderang untuk Daerah Pemilihan (Dapil) V Inhu. Begitu juga dengan pergeseran jatah kursi pimpinan di DPRD Inhu.

Dari pelaksanaan PSU itu, kursi terakhir atau ke-9 di Dapil V, beralih dari partai Golkar atas nama Budi Santoso kepada partai PPP atas nama Bayu Nofri Subkati. Sehingga dengan kondisi itu, partai Golkar kehilangan satu kursi dengan total akhir hanya 4 kursi.

Perolehan kursi pimpinan di DPRD Inhu itu yakni, Ketua DPRD Inhu milik partai Nasdem, Wakli Ketua I milik PKB dan Wakil Ketua II milik Partai Demokrat. “Apa pun hasil PSU itu, kami sudah menerima dengan lapang dada,” ujar Ketua DPD Partai Golkar Inhu, Arsyadi SH.

Namun demikian, sebutnya, Partai Golkar Kabupaten Inhu pada pemilu ini masih tetap urutan ketiga peraih suara terbanyak. “Ada sekitar dua ribuan suara Partai Golkar unggul dibanding partai sebelah,” ungkapnya.

Untuk itu, katanya, usai pelaksanaan PSU, pihaknya akan lebih konsentrasi menghadapi Pilkada yang sudah di depan mata. “Dalam bulan ini, rekomendasi DPP Golkar akan menetapkan rekomendasi kader terbaiknya untuk maju di Pilkada,” sambungnya.

Di tempat terpisah, Ketua DPC partai Demokrat Inhu, Adila Ansori, tidak mau berkomentar banyak dan tidak cepat bereuforia. “Kita tunggu saja penetapan anggota dan kursi DPRD Inhu oleh KPU,” ucapnya.

Memang, katanya, pasca pelaksanaan PSU, partai Demokrat Inhu tetap meraih lima kursi. Sehingga dengan kondisi itu, secara total peraihan kursi dan jumlah perolehan suara akan mendapatkan jatah kursi pimpinan DPRD. “Siapa pun yang akan ditunjuk sebagai Wakil Ketua II DPRD Inhu, nanti ada mekanismenya,” tutupnya.

Dalam itu Ketua KPU Inhu, Ronaldi Ardian SH, mengatakan, hasil rapat pleno langsung disampaikan kepada KPU RI melalui KPU Riau. “Alhamdulillah, kami sudah tuntas menggelar rapat pleno dan sekaligus rapat penetapan hasil Pemilu untuk anggota DPRD Kabupaten Inhu,” ujar Ronaldi Ardian.

Usai rapat pleno ini, pihaknya menunggu surat dari KPU RI tentang penetapan anggota dan kursi DPRD Inhu yang telah diraih lewat PSU.(kas)

Sumber: Riaupos.com




Untuk saran dan pemberian informasi kepada tabloidrakyat.com, silakan kontak ke email: tabloidrakyat@yahoo.com


Komentar Anda


Copyright © 2023 Tabloidrakyat.com - All Rights Reserved
Scroll to top