Sabtu, 13 Juli 2024

Breaking News

  • Penyebab Sulitnya Ucapkan Kalimat Tauhid saat Sakaratul Maut   ●   
  • Pemko Pekanbaru Pecat Sepihak THL, Gaji Juga Tak Dibayarkan   ●   
  • BPJN Riau Bakal Datangkan Jembatan Bailey Atasi Jalan Rusak Pasca Abrasi di Inhil   ●   
  • Serahkan SK PPPK di Lingkungan Pemprov RIau, PJ Gubri Siapkan Beasiswa bagi Guru   ●   
  • Peringatan Hari Bhakti Adhyaksa di Kejati Riau Tahun Ini Terasa Lebih Spesial   ●   
Telinga Kemasukan Air, Ini Cara Mengatasinya yang Diklaim Paling Aman
Selasa 09 Juli 2024, 13:48 WIB

JAKARTA (Tabloidrakyat) - Saat berenang atau mandi, terkadang telinga kita kemasukan air. Meskipun ini bukan insiden mematikan, namun dokter mengingatkan hal tersebut bisa berpotensi menyebabkan kerusakan pada telinga.

Karena itulah, penting untuk segera mengeluarkan air tersebut untuk mencegah infeksi dan kerusakan. "Sangat penting untuk membersihkan air dari telinga, karena ketika air tetap berada di dalam liang telinga, kelembapannya dapat menjadi lingkungan yang kondusif bagi populasi dan pertumbuhan bakteri dan jamur, dan jika tidak ditangani, hal ini dapat menyebabkan infeksi yang disebut otitis eksterna yang lebih dikenal dengan swimmer's ear," kata Brynna Connor, seorang dokter keluarga dan duta kesehatan bersertifikat untuk NorthWest Pharmacy.

Berikut adalah beberapa cara untuk mengeluarkan air dari telinga secara aman menurut Connor, seperti dilansir Best Life, Ahad (7/7/2024):

1. Goyangkan dan atau tarik perlahan daun telinga

Connor menyarankan beberapa cara sederhana sebagai pendekatan awal, yaitu dengan menggoyangkan dan/atau menarik daun telinga dengan lembut. Menurut Connor, cara ini dapat menciptakan ruang hampa udara kecil yang membantu mengeluarkan dan memecah air

2. Gunakan metode Valsava

Cara lain yang bisa dilakukan untuk mengeluarkan air dari telinga adalah dengan metode Valsava. Caranya dengan jepit hidung Anda, tarik napas, dan embuskan dengan lembut untuk mendorong udara masuk ke dalam telinga. Hal ini membantu menyamakan tekanan dan mendorong air keluar.

3. Kompres hangat

Menurut Connor, kompres hangat pada telinga dapat membantu mengendurkan otot-otot di sekitar saluran telinga, sehingga air dapat keluar. Cara termudah untuk membuat kompres adalah dengan membasahi kain lap dengan air hangat.

4. Gunakan hair dryer atau pengering rambut

Connor juga menyarankan untuk menggunakan hairdryer untuk mengeringkan telinga. Namun Anda tetap perlu menjaga jarak yang aman hairdryer dari telinga.

“CDC merekomendasikan bahwa jika Anda menggunakan metode ini, jauhkan pengering beberapa sentimeter dari telinga agar panas dari alat pengering tidak membakar jaringan sensitive,” kata Connor.

5. Obat tetes telinga

Obat tetes telinga adalah pilihan lain untuk mencoba menghilangkan air yang membandel di telinga Anda. Menurut Connor, obat tersebut dapat membantu melunakkan atau melarutkan partikel atau kotoran apa pun, seperti kotoran telinga, yang mungkin memerangkap air di dalam saluran telinga."

Ia juga merekomendasikan untuk berkonsultasi dengan dokter jika memerlukan obat tetes telinga, karena banyak obat tetes telinga yang dijual bebas dapat memperparah iritasi.

Sumber: Republika.com




Untuk saran dan pemberian informasi kepada tabloidrakyat.com, silakan kontak ke email: tabloidrakyat@yahoo.com


Komentar Anda


Copyright © 2023 Tabloidrakyat.com - All Rights Reserved
Scroll to top