Sabtu, 13 Juli 2024

Breaking News

  • Penyebab Sulitnya Ucapkan Kalimat Tauhid saat Sakaratul Maut   ●   
  • Pemko Pekanbaru Pecat Sepihak THL, Gaji Juga Tak Dibayarkan   ●   
  • BPJN Riau Bakal Datangkan Jembatan Bailey Atasi Jalan Rusak Pasca Abrasi di Inhil   ●   
  • Serahkan SK PPPK di Lingkungan Pemprov RIau, PJ Gubri Siapkan Beasiswa bagi Guru   ●   
  • Peringatan Hari Bhakti Adhyaksa di Kejati Riau Tahun Ini Terasa Lebih Spesial   ●   
Filipina Izinkan Jepang Kerahkan Pasukan
Selasa 09 Juli 2024, 14:37 WIB

(Tabloidrakyat)  Filipina kini mengizinkan Jepang untuk mengerahkan pasukan di teritorinya demi menghalau ancaman China. Izin itu diberikan seiring dengan penandatanganan pakta pertahanan kedua negara pada Senin (8/7) di istana kepresidenan Manila.

Dilansir dari AFP, Menteri Pertahanan Filipina Gilberto Teodoro dan Menteri Luar Negeri Yoko Kamikawa menandatangani Perjanjian Akses Timbal Balik (Reciprocal Access Agreement/RAA) yang memberikan masing-masing negara akses untuk mengerahkan pasukan ke teritori satu sama lain. Pengerahan itu diperbolehkan untuk pelatihan pasukan maupun operasi militer lainnya.

Filipina dan Jepang adalah sekutu Amerika Serikat, yang telah memperkuat aliansinya dari Canberra ke Tokyo guna melawan kekuatan dan pengaruh militer China di kawasan. Para pejabat Beijing menuding bahwa Washington sedang berupaya menciptakan NATO versi Asia-Pasifik.

 

Penandatanganan RAA ini sendiri terjadi di saat ketegangan China dan Taiwan memanas. Sejumlah pihak khawatir konflik bisa pecah sewaktu-waktu yang menyeret Amerika Serikat.

China belakangan juga sedang tegang dengan Filipina di kawasan Laut China Selatan (LCS). Kapal-kapal China dan Filipina beberapa kali saling tubruk sehingga memicu operasi intens di kawasan sengketa tersebut. China juga bersengketa dengan Jepang di Laut China Timur atas sejumlah pulau.

 

Sumber:riaumandiri. Coo




Untuk saran dan pemberian informasi kepada tabloidrakyat.com, silakan kontak ke email: tabloidrakyat@yahoo.com


Komentar Anda


Copyright © 2023 Tabloidrakyat.com - All Rights Reserved
Scroll to top