Minggu, 21 Juli 2024

Breaking News

  • Semester I, Lifting Minyak 576 Juta Barel, Hasil Migas Diperkirakan Tak Sesuai Target APBN   ●   
  • Ribuan Masyarakat Semarakkan Jalan Santai HPN di Kuansing   ●   
  • Segudang Manfaat Kurma bagi Ibu Hamil, Salah Satunya Sehatkah Tulang dan Gigi Bayi   ●   
  • Gadis di Rohil Dicekik, Dibenturkan Lalu Diperkosa Pacar, Jasadnya Dibuang ke Parit   ●   
  • Jadwal Coklit Akan Berakhir, KPU Imbau Warga Aktif Pastikan Dirinya Terdata   ●   
DLHK Sebut Volume Sampah Meningkat di TPA Muara Fajar
Senin 25 September 2023, 09:35 WIB

(TABLOIDRAKYAT) - Volume sampah meningkat di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) 2 Muara Fajar. Volume sampah meningkat sejak angkutan mandiri diizinkan masuk ke TPA.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Pekanbaru Hendra Afriadi mengatakan, dua alat berat dari Pemprov Riau memang cukup membantu. Tetapi, tidak menyelesaikan pengelolaan sampah di TPA 2 Muara Fajar.

"Dua ekskavator yang dipinjam ini guna mengalihkan tumpukan tinggi ke lokasi lain. Hanya saja, jangkauannya tidak jauh," kata Hendra Afriadi, Senin (25/9).

Ia menuturkan, tumpukan sampah hanya bisa didorong jauh oleh buldozer. Ekskavator hanya untuk membuka jalur pembuangan di pintu gerbang. Sehingga, tumpukan sampah tidak mengganggu jalur ke timbangan di bagian belakang.

"Volume sampah juga bertambah sejak angkutan mandiri diizinkan masuk ke TPA. Sehingga, pekerjaan merapikan TPA selesai pukul 02.00 WIB. Tumpukan sampah sudah mencapai 8 meter dari permukaan awal," terangnya.

Saat ini sampah yang ditampung di TPA 2 Muara Fajar bisa mencapai 1.000 hingga 1.100 ton per harinya. Ada dua alat berat jenis excavator yang dipinjamkan Pemprov Riau ini digunakan untuk mempercepat bongkar dan memilah sampah dari mobil angkutan.

Pinjaman alat berat ini, membantu 2 excavator dan 2 buldoser yang dimiliki DLHK dalam menata TPA. Ia meyakini tumpukan sampah bisa teratasi dengan bantuan pinjaman alat berat tersebut.

Apalagi saat ini angkutan mandiri juga telah diwajibkan buang sampah dari lingkungan langsung ke TPA. Tentunya ini bisa mempercepat proses bongkar.

Hendra tak menampik belakangan ini terjadi tumpukan sampah di TPS legal maupun TPS ilegal. Pihaknya berupaya untuk mengatasi permasalahan ini. Ada Tim Gakum DLHK dibantu Satpol PP yang mengawasi TPS di sejumlah wilayah. Tim juga melakukan penindakan bagi warga yang kedapatan membuang sampah tidak pada tempatnya, dan diluar jam yang telah ditentukan.(dan)




Untuk saran dan pemberian informasi kepada tabloidrakyat.com, silakan kontak ke email: tabloidrakyat@yahoo.com


Komentar Anda


Copyright © 2023 Tabloidrakyat.com - All Rights Reserved
Scroll to top