Selasa, 27 Februari 2024

Breaking News

  • Pemkab Siak Akuisisi TK Swasta jadi TK Negeri di Pusako   ●   
  • Pekan Ini, Harga Karet di Kuansing Naik   ●   
  • Bupati Zukri Jalani Wawancara dan Presentasi Nominator Patriana Award 2024   ●   
  • Dinas Koperasi, UMKM dan Perindustrian Kota Dumai Sambut Baik Program DMPG   ●   
  • Tunjuk SF Hariyanto sebagai Pj Gubernur, LAM Riau Apresiasi Presiden   ●   
Satgas Karhutla Berjibaku Padamkan Api, LAM Riau Berikan Apresiasi
Senin 16 Oktober 2023, 15:00 WIB
Ilustrasi

(TABLOIDRAKYAT) - Jajaran Polda Riau mencatat jumlah lahan terbakar periode 2 hingga 8 Oktober 2023 sebanyak 192,48 hektare. Sehingga jumlah keseluruhan kebakaran hutan dan lahan di Provinsi Riau mencapai 1.224,5 hektare.

Menanggapi hal ini, Ketua Umum Dewan Pimpinan Agung (DPA) Lembaga Adat Melayu (LAM) Riau, Tan Seri Syahril Abubakar mengapresiasi kinerja Satgas Karhutla yang telah memadamkan api.

Dikatakannya, saat musim kemarau tiba, kondisi lahan gambut di Riau mudah terbakar, baik disengaja ataupun tidak disengaja. Untuk itu, ia mengimbau masyarakat untuk tidak membakar di ladang atau kebunnya.

“Kami sangat mengapresiasi Satgas Karhutla yang terdiri dari satuan TNI, Polri, BPBD dan satuan lain, yang sudah cepat tanggap dalam mengatasi Karhutla di Riau. Sehingga seluruh titik api bisa dipadamkan dengan baik,” kata Tan Seri Syahril Abubakar.

Di sisi lain, Syahril Abubakar juga meminta Presiden RI untuk segera menerbitkan Keppres yang dapat mengoptimalkan kinerja dan mengatur strategi agar bisa mengatasi kejadian Karhutla.

“Kita berharap Presiden segera menerbitkan Keppres. Sehingga Satgas tetap terlindungi dalam melaksanakan tugas dilapangan. Dan kita bisa tetap bisa mengantisipasi Karhutla setiap saat,” harapnya dilansir klikmx.com.

Sebelumnya, Kabid Humas Polda Riau, Kombes Pol Hery Murwono melalui Kasubdit Penmas, AKBP Bob Martin menyebutkan hingga saat ini data yang tercatat di Polda Riau total luas lahan yang terbakar mencapai 1224,5 hektare.

"Dan periode dari tanggal 25 September hingga 8 Oktober 2023 ini Polda Riau dan jajaran berhasil ungkap 11 kasus karhutla," sambung Bob Martin.

Dikatakannya, adapun upaya yang dilakukan tim gabungan dilapangan dengan melakukan penyuluhan, sebar maklumat, pasang spanduk serta patroli darat dan udara.

"Berbagai upaya kita lakukan untuk pencegahan karhutla seperti penyuluhan, sebar maklumat, pasang spanduk patroli darat dan udara, apel siaga serta pemadaman dan pendinginan," tandas Bob Martin.

"Sementara untuk Gakkum karhutla di Provinsi Riau periode 1 Januari sampai 1 Oktober ada 36 kasus karhutla dengan 35 orang tersangka," kata Bob.(***)




Untuk saran dan pemberian informasi kepada tabloidrakyat.com, silakan kontak ke email: tabloidrakyat@yahoo.com


Komentar Anda


Copyright © 2023 Tabloidrakyat.com - All Rights Reserved
Scroll to top