Selasa, 27 Februari 2024

Breaking News

  • Pemkab Siak Akuisisi TK Swasta jadi TK Negeri di Pusako   ●   
  • Pekan Ini, Harga Karet di Kuansing Naik   ●   
  • Bupati Zukri Jalani Wawancara dan Presentasi Nominator Patriana Award 2024   ●   
  • Dinas Koperasi, UMKM dan Perindustrian Kota Dumai Sambut Baik Program DMPG   ●   
  • Tunjuk SF Hariyanto sebagai Pj Gubernur, LAM Riau Apresiasi Presiden   ●   
Paviliun Indonesia Hadirkan Nuansa Tekstil Hingga Kopi Premium Nusantara di FITUR 2024
Selasa 30 Januari 2024, 20:37 WIB

tabloidrakyat.com Jakarta - Paviliun Indonesia memamerkan berbagai kekayaan tanah air di pameran pariwisata internasional terbesar ke-2 di dunia, yaitu FITUR (Feria Internacional de Turismo) 2024, di Madrid, Spanyol. Paviliun Indonesia menghadirkan beragam nuansa tekstil nusantara dengan sentuhan modern. Hal ini menunjukan bahwa, Indonesia yang terkenal dengan kekayaan alam serta warisan budayanya juga berkembang dengan kemajuan yang ada.

Para pengunjung pun dapat mencicipi produk herbal asli Indonesia Antangin yang nikmat disajikan juga dalam bentuk Tempur Angin (Teh Campur Antangin). Daya tarik lainnya adalah Coffee Bar yang menghadirkan kopi premium Indonesia.

Duta Besar Indonesia untuk Spanyol, Muhammad Najib menyampaikan bahwa pendekatan kemitraan ini tidak ditujukan pada kepentingan promosi pariwisata semata. "Namun juga untuk meningkatkan ekspor. Hal ini dicerminkan dengan tanggapan positif masyarakat Spanyol dan negara lain atas produk Antangin maupun kopi Indonesia," katanya dalam keterangan pers yang diterima Tempo pada 30 Januari 2024.
 
Paviliun Indonesia di FITUR 2024, Madrid, Spanyol/Istimewa

Kepala Kanselerai KBRI Madrid, Satryo Brotodiningrat, menambahkan  partisipasi Indonesia pada FITUR 2024 juga menjadi salah satu langkah awal dalam menjalankan mandat Indonesia sebagai anggota Komite Eksekutif UNWTO (Badan Pariwisata PBB) periode 2023-2027. "Yang diharapkan dapat menyoroti pentingnya UMKM dan dukungan bagi upaya pariwisata berkelanjutan di negara berkembang,” katanya.

Terdapat pula beberapa perusahaan yang memamerkan layanannya di booth paviliun Indonesia tersebut, seperti Grab. Grab menawarkan berbagai layanan seperti transportasi, pemesanan dan pengiriman makanan, barang dan kebutuhan harian, hingga finansial yang menjangkau tidak hanya Indonesia namun juga Asia Tenggara sehingga memudahkan mobilitas dan kebutuhan sehari-hari para wisatawan.

Para pengunjung pun terlihat antusias berfoto dengan model yang mengenakan kostum karnival adat Indonesia. Dalam hal budaya, ada pula penampilan tarian Sumatera Barat yang dibawakan oleh penari asal Venezuela yang pernah menerima beasiswa seni budaya di Indonesia.

FITUR 2024 berlangsung pada 24 – 28 Januari 2024. Tercatat ada 6.600 pengunjung yang datang ke booth paviliun Indonesia. Hal ini menunjukkan tingginya antusiasme masyarakat Spanyol terhadap Indonesia sebagai destinasi, serta kebangkitan pariwisata global.

Peningkatan pengunjung booth Indonesia seiring dengan rekor tingkat partisipasi dan pengunjung sepanjang 44 tahun penyelenggaraan pameran FITUR. Pada FITUR 2024 ini, terdapat 152 negara partisipan, dengan jumlah pengunjung yang mencapai 250 ribu orang. Mereka terdiri dari 153 ribu pelaku usaha dan 97 ribu masyarakat umum.

Dalam pameran itu dikenalkan pula secara khusus 5 daerah pariwisata utama Indonesia selain Bali, alias 5 New Bali. Kelima daerah wisata itu adalah Borobudur, Danau Toba, Labuan Bajo, Likupang dan Mandalika.

sumber : tempo




Untuk saran dan pemberian informasi kepada tabloidrakyat.com, silakan kontak ke email: tabloidrakyat@yahoo.com


Komentar Anda


Copyright © 2023 Tabloidrakyat.com - All Rights Reserved
Scroll to top