Selasa, 27 Februari 2024

Breaking News

  • Pemkab Siak Akuisisi TK Swasta jadi TK Negeri di Pusako   ●   
  • Pekan Ini, Harga Karet di Kuansing Naik   ●   
  • Bupati Zukri Jalani Wawancara dan Presentasi Nominator Patriana Award 2024   ●   
  • Dinas Koperasi, UMKM dan Perindustrian Kota Dumai Sambut Baik Program DMPG   ●   
  • Tunjuk SF Hariyanto sebagai Pj Gubernur, LAM Riau Apresiasi Presiden   ●   
Bulan ini DPRD Pekanbaru Fokus Pileg dan Pilpres, Ranperda Dibahas Usai Pemilu
Kamis 01 Februari 2024, 20:05 WIB

tabloidrakyat.com PEKANBARU - Badan Musyawarah (Banmus) DPRD Pekanbaru telah menggelar rapat kemarin, membahas agenda dewan selama sebulan ke depan, khususnya Februari 2024.

Namun, hasil rapat menunjukkan, tidak ada agenda penting yang dijadwalkan, dengan fokus utama pada kegiatan Alat Kelengkapan Dewan (AKD) dan satu agenda rapat paripurna.

Wakil Ketua DPRD Pekanbaru, Ginda Burnama ST MT menjelaskan, selama bulan Februari 2024, dewan akan lebih fokus pada momentum Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres).

Ini tercermin dalam dominasi kegiatan AKD, dengan satu rapat paripurna Reses I 2024 sebagai satu-satunya agenda penting.

"Selama februari ini momentum Pileg dan Pilpres. Jadi dewan semuanya fokus ke sana. Itu termasuk dalam kegiatan AKD. Paling nanti ada satu paripurna reses I 2024," kata Ginda dilansir tribunpekanbaru.com, Kamis (1/2/2024).

Meski agenda Februari terlihat ringan, kehadiran empat pimpinan DPRD Pekanbaru dalam rapat menunjukkan komitmen mereka terhadap proses legislasi.

Hanya tinggal dua pekan lagi menuju hari pencoblosan Pemilu 2024, dimana 45 anggota DPRD Pekanbaru akan terlibat dalam pertarungan Pileg.

Beberapa anggota dewan, termasuk Ginda Burnama, Ida Yulita Susanti, Mulyadi, Munawar Syahputra dan Ruslan Tarigan, naik kelas sebagai Caleg DPRD Riau.

Sementara Tarmizi Muhammad tidak mengikuti kontestasi Pileg dengan alasan faktor umur.

Dalam konteks pembahasan Ranperda, Ginda menyatakan, pembahasan Ranperda yang telah ditetapkan untuk tahun 2024 ini akan segera dilakukan setelah Pileg dan Pilpres selesai.

Ranperda yang menjadi perhatian masyarakat, seperti Ranperda Kabel Jaringan atau Sarana Jaringan Utilitas Terpadu, akan menjadi prioritas dalam pembahasan.

"Pasti kita bahas ini, termasuk agenda penting lainnya. Paling cepat usai Pileg dan Pilpres nanti," janjinya.

Sebagai informasi tambahan, Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Pekanbaru telah menetapkan 22 Ranperda yang masuk dalam Program Legislasi Daerah (Prolegda) Kota Pekanbaru tahun 2024, menandai peningkatan dari 19 Ranperda pada tahun sebelumnya.(*)

sumber : halloriau




Untuk saran dan pemberian informasi kepada tabloidrakyat.com, silakan kontak ke email: tabloidrakyat@yahoo.com


Komentar Anda


Copyright © 2023 Tabloidrakyat.com - All Rights Reserved
Scroll to top