Selasa, 27 Februari 2024

Breaking News

  • Pemkab Siak Akuisisi TK Swasta jadi TK Negeri di Pusako   ●   
  • Pekan Ini, Harga Karet di Kuansing Naik   ●   
  • Bupati Zukri Jalani Wawancara dan Presentasi Nominator Patriana Award 2024   ●   
  • Dinas Koperasi, UMKM dan Perindustrian Kota Dumai Sambut Baik Program DMPG   ●   
  • Tunjuk SF Hariyanto sebagai Pj Gubernur, LAM Riau Apresiasi Presiden   ●   
Inilah Daftar Baru Puluhan Aplikasi Android Berbahaya
Sabtu 03 Februari 2024, 09:43 WIB

(TABLOIDRAKYAT) - Pengguna Android kembali diperingatkan untuk memeriksa ponsel mereka dan memastikan tidak ada aplikasi berbahaya yang terinstal. Pasalnya aplikasi berbahaya tersebut dapat mencuri data pribadi di perangkat dan juga memata-matai Anda. Jika Anda menemukan salah satu dari aplikasi tersebut, segera hapus dari perangkat Anda.

Ini adalah peringatan terbaru terkait dengan aplikasi berbahaya di Google Play Store dan aplikasi Android pihak ketiga yang harus diwaspadai oleh pengguna.

Dilansir dari Forbes, Jumat (2/2/2024), VajraSpy remote access trojan (RAT) telah diidentifikasi oleh tim peneliti di ESET, yang menemukan belasan aplikasi spionase Android yang menggunakan kode berbahaya yang sama. Aplikasi tersebut diiklankan sebagai aplikasi pesan dan aplikasi berita.

Aplikasi-aplikasi ini tampaknya ditargetkan dengan metode yang spesifik, sering kali mengirimkan tautan melalui aplikasi obrolan dengan kedok romansa online. Selain itu, aplikasi tersebut juga tersedia di toko-toko pihak ketiga untuk dipasang oleh siapa pun.

Kasus ini adalah peringatan ketiga dalam beberapa minggu terakhir terkait dengan keamanan Android, setelah laporan SpyLoan dan Xamalicious. Ini juga terjadi bersamaan dengan berita utama tentang keamanan toko aplikasi. Meskipun Apple telah menolak untuk membuka ekosistemnya untuk toko aplikasi pihak ketiga, Undang-Undang Pasar Digital (DMA) Eropa telah memaksa perubahan pada kebijakan ini.

Google telah merespons laporan ESET dan menegaskan bahwa mereka serius dalam menanggapi klaim keamanan dan privasi terkait aplikasi-aplikasi tersebut. Mereka telah menghapus semua aplikasi yang dilaporkan dari Google Play. Namun, meskipun aplikasi telah dihapus dari Play Store, beberapa masih tersedia di luar sana dan pengguna harus secara aktif memeriksa dan menghapusnya dari perangkat mereka jika ditemukan.

Berikut ini daftar aplikasi berbahaya tersebut :

VajraSpy: Hello Chat, Meet Me, Chit Chat, Nidus, Tik Talk, Rafaqat News, Wave Chat, Glow Glow, Lets Chat, Prive Talk, NioNio, Yoho Talk, Quick Chat.

Xamalicious: Essential Horoscope for Android, Logo Maker Pro, 3D Skin Editor for PE Minecraft, Auto Click Repeater, Sound Volume Extender, Count Easy Calorie Calculator LetterLink, Step Keeper: Easy Pedometer, Numerology: Personal Horoscope & Number Predictions, Track Your Sleep, Astrological Navigator: Daily Horoscope and Tarot, Sound Volume Booster, Universal Calculator.




Untuk saran dan pemberian informasi kepada tabloidrakyat.com, silakan kontak ke email: tabloidrakyat@yahoo.com


Komentar Anda


Copyright © 2023 Tabloidrakyat.com - All Rights Reserved
Scroll to top