Selasa, 27 Februari 2024

Breaking News

  • Pemkab Siak Akuisisi TK Swasta jadi TK Negeri di Pusako   ●   
  • Pekan Ini, Harga Karet di Kuansing Naik   ●   
  • Bupati Zukri Jalani Wawancara dan Presentasi Nominator Patriana Award 2024   ●   
  • Dinas Koperasi, UMKM dan Perindustrian Kota Dumai Sambut Baik Program DMPG   ●   
  • Tunjuk SF Hariyanto sebagai Pj Gubernur, LAM Riau Apresiasi Presiden   ●   
Pemprov Riau Telah Lakukan Rapat Bersama Pihak Pengelola Jalan Tol Pekanbaru-Padang di Kampar
Selasa 06 Februari 2024, 15:03 WIB

(TABLOIDRAKYAT) - PEKANBARU - Pemerintah Provinsi Riau, telah melakukan rapat bersama pihak pengelola jalan Tol Pekanbaru-Padang. Di mana Riau dilibatkan dalam pembebasan lahan di wilayah Kabupaten Kampar.
 
Dalam rapat juga dibahas penyelesaian pembangunan jalan tol Bangkinang-XIII Koto Kampar, Riau. Ruas tol ini akan tersambung hingga ruas tol Pangkalan-Payakumbuh, Sumatra Barat (Sumbar).
 
Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang, Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan (PUPR-PKPP) Provinsi Riau, M Arief Setiawan mengatakan, lahan yang berada di wilayah Riau berada di Kabupaten Kampar. Panjangnya ruas jalan di sana mencapai 10 kilometer.
 
“Untuk kelanjutan pembangunan tol Pekanbaru-Padang, ada pengadaan lahan untuk tol Payakumbuh, namun masuk wilayah Riau. Ada sekitar 10 Kilometer yang masuk ke Riau, dan kita diminta sosialisasi lahan yang akan dibebaskan di Kampar,” ujar Kadis PUPR PKPP M Arif Setiawan.
 
Dijelaskannya, sampai saat ini pembangunan jalan tol Pekanbaru-Padang baru mencapai Tanjung Alai, XIII Koto Kampar. Selanjutnya, pada bulan Agustus akan dilanjutkan pengerjaan pembangunan menuju Pangkalan-Payakumbuh, diperkirakan. Saat ini Pemprov Riau mulai mensosialisasikan kepada masyarakat terkait dengan pembebasan lahan.
 
“Sampai hari ini kan baru di Tanjung Alai, ini ada yang tersambung ke Pangkalan, hanya yang digarap sekarang oleh kawan-kawan Kementrian Pangkalan-Payakumbuh. Mereka akan mulai bekerja setelah sosialisasi dan sudah tahu harganya kemungkinan sampai Agustus sosialisasinya mulai bulan Maret,” jelas Arief.
 
Dikatakan Arief, bahwa pihakya telah mendapatkan informasi terkait dengan pembangunan jalan tol Bangkinang-XIII Koto Kampar, telah mencapai 90 persen. Ditargetkan pada bulan April akan di fungsionalkan oleh pihak Hutama Karya. Waktunya, bertepatan dengan menghadapi Hari Raya Idul Fitri 2024.
 
“Untuk progres pembangunan jalan Bangkinang-Tanjung Alai, sudah mencapai 90 persen dan diperkirakan pada bulan April sudah fungsional. Sedangkan untuk ruas Pekanbaru-Rengat seksi satu dan dua sudah pengadaan lahan, kemungkinan pengerjaan mungkin awal bulan depan sudah mulai fisiknya, pengerjaan sampai ke Rimbo Panjang sampai ke tol Pekanbaru-Bangkinang dan Pekanbaru-Dumai, itu nyambung,” tambah Arif. ***(mok)
 
Sumber: Riauterkini.com



Untuk saran dan pemberian informasi kepada tabloidrakyat.com, silakan kontak ke email: tabloidrakyat@yahoo.com


Komentar Anda


Copyright © 2023 Tabloidrakyat.com - All Rights Reserved
Scroll to top