Selasa, 27 Februari 2024

Breaking News

  • Pemkab Siak Akuisisi TK Swasta jadi TK Negeri di Pusako   ●   
  • Pekan Ini, Harga Karet di Kuansing Naik   ●   
  • Bupati Zukri Jalani Wawancara dan Presentasi Nominator Patriana Award 2024   ●   
  • Dinas Koperasi, UMKM dan Perindustrian Kota Dumai Sambut Baik Program DMPG   ●   
  • Tunjuk SF Hariyanto sebagai Pj Gubernur, LAM Riau Apresiasi Presiden   ●   
Pemprov Riau Jalin Kerja Sama dengan Provinsi Tetangga, Penuhi Bahan Pokok
Rabu 07 Februari 2024, 17:54 WIB

PEKANBARU (TABLOIDRAKYAT) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau akan melakukan beberapa cara agar kebutuhan bahan pokok di Riau dapat terpenuhi.

Pasalnya, selama ini untuk memenuhi bahan pokok di Riau masih banyak didatangkan dari luar provinsi Riau, seperti Sumatera Barat (Sumbar).

Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi (Disperindagkop) UKM Riau M Taufiq OH mengatakan, untuk memenuhi bahan pokok di Riau utamanya sayur dan beras. Provinsi Riau masih mengandalkan dari Sumbar, karena itu saat ini pihaknya sudah mulai mencari alternatif pasokan bahan pokok dari daerah lain untuk mengantisipasi jika ada kendala pasokan dari Sumbar.

"Untuk pemenuhan bahan pokok di Riau memang masih banyak dari Sumbar, namun kami saat ini juga sudah menjalin kerjasama dengan provinsi Sumatera Utara (Sumut) dan Aceh," kata Taufiq, Rabu (07/02/2024).

Taufiq menjelaskan, kerjasama alternatif penyediaan bahan pokok dengan provisni lain tersebut sebagai bentuk antisipasi jika penyaluran bahan pokok dari Sumbar terkendala. Seperti akibat terjadi banjir dan juga longsor di jalan penghubung Riau-Sumbar.

"Seperti beberapa waktu lalu, sempat terjadi longsor di jalan lintas Riau-Sumbar. Hal tersebut sempat mengganggu distribusi bahan pokok ke Riau yang menyebabkan kenaikan harga," sebutnya.

Lebih lanjut Taufiq menyebut, beberapa bahan pokok yang sempat mengalami kenaikan harga di Riau seperti cabai dan tomat. Karena itu, untuk mengantisipasi agar hal serupa tak terjadi, pihaknya bekerjasama dengan provinsi Sumut dan Aceh.

"Untuk cabai sekarang sudah ada pasokan dari Sumut dan juga Aceh. Sehingga jika pasokan dari Sumbar terkendala, maka masih ada pasokan dari Sumut dan Aceh," ucapnya.

"Jadi upaya tersebut juga sebagai langkah untuk menurunkan angka inflasi di Riau. Karena harga cabai kerap menjadi penyebab kenaikan inflasi di Riau. Memang untuk cabai kebutuhan masyarakat di Riau cukup tinggi, karena itu juga sangat berpengaruh terhadap inflasi," tukasnya.

Sumber : Cakaplah.com




Untuk saran dan pemberian informasi kepada tabloidrakyat.com, silakan kontak ke email: tabloidrakyat@yahoo.com


Komentar Anda


Copyright © 2023 Tabloidrakyat.com - All Rights Reserved
Scroll to top